14 April 2009

Mari Sayangi Bumi...

Kemaren ada kejadian bodoh di rumah gw.
Pagi-pagi waktu gw mau ke kampus, listrik mati.
Gw pikir emang mati lampu yang wajar.. yang kaya biasanya..

pulang dari kampus, sekitar jam 5, listrik masih mati.
apa rumah gw kena pemadaman bergilir ya? ko' mati lampunya lama amat?
tapi dipikir-pikir udah ngga musim tuh si pemadaman bergilir..

nyampe jam 7 malem masi mati...

ibu gw mulei ngedumel. ayah gw pulang didamel. (basa sunda, artinya kerja)

Ibu gw teriak "Vivi... awas jangan kemana-mana! Kamu diem di pojokkan aja!"
well, nama aseli gw VIVI.

gw nanya balik "Emang kenapa Bu?"

"Nanti ketendang. Gelap-gelap gini kan kamu suka ngga keliatan!!"jawab Ibu.

huhuhu.. Ibu gw jahat ya? item-item gini kan anak Ibu.
Ibu yang bikin.. :D

ngga seberapa lama, ada seorang ibu-ibu, yang kebetulan tetangga gw, lewat depan rumah.
"Mamah Pipih! kenapa gararelap kieu?"
Pipih = vivi dalam ejaan Sunda :)

"iyah! dari tadi pagi. mati lampu kan ya?" jawab + tanya ibu gw.

"Rumah sayah mah nyala tapinya.." kata tetangga gw lagi.

"kenapa ya?"

ternyata eh ternyata.. sekring listrik di rumah gw engga-tau-kenapa off tiba-tiba. istilahnya sih ngejepret :D
bodoh ya? ngga ada yang mikir nyampe kesana. hehe..

mati listrik 12 jam.
tapi lumayanlah.. itung itung menyempurnakan earth hour kemaren.
yayaya.. secara otomatis rumah gw ikutan earth hour. meskipun setiap orang dirumah gw menikmati yang namanya tipi, tapi
mayoritas lampu mati.
ngga sempurna kan?

kenapa secara otomatis pep?

karna ibu gw cerewet. termasuk masalah listrik ini.
peralatan yang pake listrik biasanya penggunaannya dibatesin. ngga boleh serentak dinyalain.
termasuk lampu.
daripada disemprot, mendingan nurutin ibu. iya ga?!

ngomongin earth hour, mudah-mudahan yang kemaren engga sekedar jargon. ngga cuma sekedar "ikut rame-ramean" doang. mudah-mudahan semua jadi sadar diri untuk ngurangin penggunaan listrik.
apapun motivasinya. entah untuk lebih peduli pada bumi, atau motivasi materi.

ngomong-ngomong kenapa cuma sejam ya?

ngga papa kali pep, mending cuma sejam juga daripada engga sama sekali..:D

iya juga sih.. tapi kalo setiap orang sadar. ngga cuma sehari atau sejam, bukannya efeknya lebih dahsyat lagi.

itulah susahnya pep. engga semua orang sadar.

mungkin, semua orang harus secerewet ibu gw biar pada sadar kali ya?hehe..

Hai kawan!! mari sayangi bumi ngga cuma sehari.
biar bumi makin indah. biar kita makin betah.

ngga usah anti plastic bag deh. gimanapun kita pasti butuh kantong plastik. kurangin aja penggunaannya..

ngga usah anti bahan kimia juga.. lha wong oksigen juga bahan kimia, kentut juga, makanan juga. kata Marie Curie kan nothing in this life is to be feared, it is only to be understood.

ngga usah juga selalu pake baju ijo. walopun penanaman pohon lagi digalakkan. ntar kalo gw siram pegimane?
tapi terserah deh.. hehe..

tapi yang pasti, kurangin rokok! jadi sia-sia kalo kita udah peduli lingkungan, udah nanem pohon dimana-mana tapi tetep ngeroko.. sayang ah! udah mah cape, sia-sia pula..

Hai kawan!! mari sayangi bumi ngga cuma sehari.
menyambut hari bumi, 22 April nanti
*meskipun masih lama..:D*

1 komentar:

bayu nugroho mengatakan...

ayoo kita dukung bumi kita yang cm satuuuu! ya iyalah kalo dua mah bukan bumi.... hehehehe....

Posting Komentar