16 Maret 2009

maenan anak punya cerita (1)...

Ada satu tradisi Jawa, namanya tedhak siten. Artinya turun tanah. Menginjak tanah untuk pertama kali, dalam arti sebenernya. Tradisi ini jarang banget keluarga gw lakuin.Terahir tu pas ponakan gw, kira-kira bulan Juli 2007. Sebelumnya lebih lama lagi, tahun 97, pas ade gw lahir. Lama banget kan?
kenapa pep ko jarang banget?
iya. soalnya tradisi ini khusus buat bayi usia 7 bulan :D

Tradisi ini penuh filosofi.
Acara pertama dari tedhak siten ini : injek jadah. Jadahnya mesti 7 warna. Ada merah, putih, oren, biru, ijo, coklat, sama.. 1 lagi lupa :D
Masing-masing warna punya arti. Kaya merah=berani, putih=suci, dll. Tujuannya biar si anak punya sifat yang dilambangin sama warna tadi.
Di ujung 7 jadah tadi, ditaro tanah. Tanahnya nanti diinjek juga ama si anak. Artinya : pertama kalinya si anak menginjakkan kakinya ke tanah..
fyi, jadah tu makanan yang dibikin dari ketan.

Acara kedua: meniti tangga tebu.
Si anak, dibantu ayah-ibunya tentu aja, naik tangga yang dibikin dari tebu. Artinya supaya si anak menjalani kehidupannya dari bawah, terus naik.. naik.. nyampe atas, nyampe puncak. Dari segi karier, pendidikan, atau apapun itu.

Yang ketiga, fave gw: si anak milih benda yang disediain orang tuanya, sambil dikurungin pake kurungan ayam.
Benda-benda yang disedian biasanya simbol profesi tertentu.
biar ketauan si anak bakatnya dimana.. (padahal masih 7 bulan! udah disuruh nunjukin bakat aja..)
kaya waktu ponakan gw kemarenan: ada stetoskop maenan-biar si anak jadi dokter,
ada mouse-biar jadi ahli IT,
ada kalkulator-biar jago ngitung+jadi akuntan,
ada pulpen-biar jadi penulis,
ada kamera-biar jadi fotografer,
ada hape-ini ngga tau biar apa. biar ga gaptek kali..,
ada mik-biar jago nyanyi,
ada buku-biar seneng belajar..
bingung bingung deh tu' anak..:D

gw, kata ibu gw, dulu milih kalkulator.
mungkin ibu gw berharap kalo gw jadi akuntan cerdas, klo engga jadi ahli matematika yang ngitungnya jago banget. dan sekarang gw.. beuh!! jauh dari itu.
tapi kalkulator yang gw pilih dulu itu ngaruh banget. sekarang gw jadi perhitungan. ngga mau rugi. maunya murah mulu de-es-be, de-el-el.. hehe

dan yang kedua terahir: nyawer uang logam+kacang ijo+beras. tujuannya tiada lain dan tiada bukan biar si anak jadi orang yang dermawan nantinya..

yang terahir. bener-bener fave gw!!
apa coba?
mau tau?
bener ga bakal nyesel?
...
...
POTONG TUMPENG+MAKAN-MAKAN
perlu penjelasan kah?hehe..


p.s.: postingan ini berlanjut pada sesuatu yang gw yakini. mau tau apa? tungguin aja dipostingan selanjutnya.. *so penting gw..:D*


0 komentar:

Posting Komentar