21 Januari 2009

semangka non biji = kuda dikebiri [?]

Kemaren Bandung panas. panas banget!
Beda ama Jakarta yang katanya banjir dimana-mana.
tadi pagi di Bandung ujan sih, cuma ujannya ujan ga niat. cuma gemericik sebentar, abis itu panas lagi.
hhh.. harus jaga badan biar ga cepet sakit!
salah satu cara jaga badan adalah makan buah-buahan pastinya!

Ditengah hari yang panas itu, gw buka kulkas.
ternyata ada semangka. warnanya merah.
asik!! panas-panas gini makan semangka. dingin pula!
lalu, gw pun ngiris-ngiris semangka dengan bengis
gw taro di atas piring kecil berwarna putih dengan manis.
gw pun menuju kamar yang aga kurang terurus, kamar gw pastinya!

ketika gw menyuap si semangka dengan lahap,
tiba-tiba gw inget kata-kata guru biologi gw semasa SMA.
Ibu Aneng namanya.
beliau bilang begini:
"sekarang tekhnologi pangan udah maju pesat. udah bisa bikin buah-buahan tumbuh tanpa biji.
tapi ibu kasian ama mereka (buah2an tanpa biji-pep)
mereka kan tumbuh lewat benih, lewat biji yang petani tanem.
kalo didalem buah ngga ada bijinya, lewat apa mereka nerusin keturunan mereka?
kita sih enak, mau makan tinggal nyuap, ngga perlu ribet dengan biji
bayangin deh! itu adalah semangka terahir dari generasinya
ngga bakal ada yang semanis dia
ngga ada juga yang se-sepet dia"
aga me-lebay..

seabis keingetan ama pesen Ibu Aneng tadi, ngga tau kenapa gw jadi makhluk ber-kepri-buah2an tinggi.
gw tatap semangka yang masih sisa dipiring.
gw bilang ama dia.

"semangka ku yang manis,
ternyata rasamu ngga semanis nasibmu.
kamu ngga beda ama kuda yang dikebiri.
sama-sama ngga bisa berketurunan.
sama-sama jadi yang terahir.
sama-sama manis. engga deng!
gw janji, ini yang terahir gw makan semangka non biji.
laen kali gw makan yang ber-biji deh.
tapi kalo lupa gw ngga janji ya..."

ah.. itulah sekelumit kisah gw bersama semangka dan kuda.
betapa ngga pentingnya...

0 komentar:

Posting Komentar