28 Januari 2009

sedikit kritis saja..

Lu milih apa?

Golput ga entar?

Ini pertanyaan yang sering mampir ke kepala gw. Entah itu dari temen yang lagi bingung, dari temen yang mem-provokasi gw buat gabung di suatu partai -Biar bareng aja katanya. Aga aneh memang- ato pertanyaan independen yang datang pas nonton tv, dialog antar partai, acara yang kadang membosankan tapi sering gw tonton.

Dan inilah jawaban gw..

Negara qt kan lagi krisis. krisis ekonomi. Yaa.. meskipun orang pemerintahan bilang kalo Indonesia belum terlalu kena dampak krisis ekonomi global. Tapi dari dulu qt udah kena krisis ekonomi, yang makin sini makin menjadi-jadi.. yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin..

Tapi pep, orang pemerintahan bilang kalo kemiskinan menurun..

Betul!! Gw setuju itu. tapi Menurun ke anak-cucu bahkan ke tetangga. Jadinya yang miskin makin banyak dan pabalatak.

Krisis kepercayaan. Banyak dari kita yang ngga percaya ama kinerja pemerintah. Kesannya, pemerintah sekarang tu ngurusin hal-hal kecil. Padahal hal yang besar, yang amat sangat besar malah ngga tersentuh. Hal-hal yang begitu, menurut gw, bikin kita males buat sekedar percaya kalo pemerintah bisa memerintah negara ini dengan baik.

krisis pengetahuan. kalo qt amatin, belakangan ini banyak orang yang so' tau. menyalahgunakan sesuatu. kaya makanan yang diwarnain pake pewarna tekstil, diawetin pake pengawet mayat. pemerintah, dalam hal ini nunggu akibat, engga nyoba buat membereskan sebab. engga mengantisipasi kejadian kaya begini. kurang penyuluhan, ngga ada aturan khusus buat toko-toko kimia, yang berakibat siapa aja bisa beli bahan berbahaya.

dan itu yang bikin masyarakat bodoh,dan diam dalam kebodohannya.

ujung dari semua ini, masyarakat males milih..

kenapa? soalnya siapapun yang kepilih, masalahnya seputar itu2 aja, ngga lebih baik..

dan satu lagi yang bikin masyarakat males milih. pemilunya ribet!

dengan embel-embel demokrasi, rakyat dibodohi.

gw yakin banyak yang pusing dengan pemilu entar. Bukan pusing dengan dengan gimana proses nyontrengnya, tapi justru pusing milih siapa yang pantes buat dipilih.

bingung siapa yang bener-bener kompeten dan isa dipercaya buat ngerubah negara ini.

gw pikir, Indonesia justru lebih memperpuruk keadaannya. mudah-mudahan gw salah..

jadi, kalo pengen ngerubah bangsa ini, mending milih atau engga ya?




0 komentar:

Posting Komentar